Friday, December 16, 2022

Goguma Latte, Minuman Ubi Ungu yang Bikin Kangen Korea

Goguma Latte alias Sweet Potato Latte adalah minuman populer di Korea Selatan yang terbuat dari ubi ungu. Ubi sering ditemukan di makanan Korea, mulai dari ubi rebus (Gun Goguma) sampai snack ubi manis (Mattang). Dan sekarang Goguma juga dijadikan minuman. Meskipun yang populer adalah ubi ungu, tapi Goguma Latte juga bisa menggunakan ubi manis biasa.

Cerita pertemuan saya dengan Goguma Latte ini dimulai dengan gerd yang kambuh di malam sebelum saya berangkat liburan#DateWithDudu ke Korea. Mau cuti malah stress dan ujung-ujungnya masuk IGD. Berbekal sepaket obat dan peringatan tajam ibu dokter ketika tahu dosis kopi yang saya minum setiap harinya, saya berangkat ke negara idaman. Saat mendarat, kami langsung naik bus ke Sokcho. Masalah muncul ketika busnya berhenti untuk toilet stop dan saya jadi ingin ngopi.

Mengingat peringatan ibu dokter di ruangan IGD kemarin, agar saya mengurangi kopi, saya mencari alternative minuman. Lalu mencoba Goguma Latte. Eh, loh kok enak.

Goguma Latte di Seoul

Ingredients-nya hanya ubi rebus, susu dan gula sedikit.

Ada juga yang menambahkan kayu manis atau menggunakan madu instead of gula. Ada yang menukar susu dengan almond atau soy milk. Ada lagi yang menambahkan maple atau date syrup untuk rasa manisnya. Yang penting ada 3 ingredients itu: ubi, susu dan pemanis.

Cara membuatnya juga mudah. Setelah browsing-browsing resep, intinya Ubi dipanggang, lalu diambil dagingnya. Lalu blender dengan susu sampai halus. Panaskan di panci, masukkan gula dan aduk pelan sambil menunggu adonan hangat. Setelah itu sajikan. Kayu manis bubuk atau topping hiasan (misalnya kacang) bisa ditambahkan saat penyajian.


Apa yang bikin enak?

Pertama ya karena saya suka ubi. Ubi rebus, ubi gorengan, bola ubi, Mattang, sweet potato fries, dan semua masakan yang bahannya ubi. Jadi Goguma Latte ini sulit ditolaknya. Mungkin yang kedua karena pertama kali mencobanya di musim dingin. Jadi kesan pertama minuman ini adalah warm. Hangat, dan homey, serasa duduk depan perapian. Teksturnya lembut, dan rasanya manis tapi manisnya ubi. Comfort food. Dudu suka? Nggak juga hahaha.

Sementara saya sibuk mencari sweet potato latte ini di setiap sudut Seoul, Dudu tetap dengan vanilla milkshake kesukaannya.

Jadi, I owe this sweet potato latte my holiday in Korea. Ketika saya tidak bisa minum kopi terlalu sering, padahal mau mencoba coffee shop yang bertebaran di seluruh negeri. Untungnya juga, kami liburan di musim dingin. Soalnya Goguma Latte ini adalah minuman populer di musim gugur dan musim dingin. Bisa diminum dingin? Kalau dari poster dan menu yang ada di cafe, ada versi iced-nya juga. Tapi ya, sepertinya lebih bikin bahagia kalau diminum hangat-hangat.

No comments:

Post a Comment

Thanks for stopping by. Please do leave your thoughts or questions, but we appreciate if you don't spam :)